Rabu, 10 September 2014
Perbedaan Administrasi dan Manajemen
Assalamualikum wr wb ,
Berbicara
mengenai manajemen dan administrasi sebagian orang , tetapi bukan hanya
sebagian sepertinya kebanyakan orang beranggapan atau berpendapat bahwa
keduanya adalah suatu hal yang sama, padahal apabila dicermati keduanya adalah
hal yang berbeda apalagi bagi orang yang mengambil konsentrasi pendidikannya
khusus untuk mendalami salah satu nya atau kedua nya.
Tentu
saja bagi kaum awam yang belum tahu apa perbedaan di antara mereka juga ingin
mengetahui apa sich bedanya, mungkin saya akan sedikit menjelaskannya untuk
kalian dan sebelum itu saya ingin memberitahukan pada dasarnya semuanya saya
ambil dari beberapa sumber yang ideal.
Perbedaan
secara pengertian menurut Buchari Zainun (dalam Haji Buchari Zainun, 1990 : 3)
Manajemen sendiri memiliki pengertian suatu upaya atau proses upaya seorang
pimpinan dengan satu kewenangan tertentu untuk mewujudkan sesuatu tujuan
tertentu dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada dan sudah dikuasai
pimpinan itu terutama sumber daya manusia yang berada di bawah kekuasaannya.
Sementara administrasi sendiri memiliki pengertian mulai dari yang paling
sempit hingga yang paling luas. Dalam arti sempit misalnya administrasi dapat
diartikan sebagai keseluruhan pencatatan
secara tertulis dan penyusunan sistematis dari keterangan-keterangan yang ada
agar mempermudah memperoleh ikhtisar keterangan. Kegiatan dalam hal ini yaitu
serangkaian aktivitas menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim
dan menyimpan keterangan-keterangan yang diperlukan dalam setiap kerja sama.
Sementara dalam arti luas, administrasi merupakan keseluruhan proses kerja sama
antara dua orang atau lebih dalam rangka mencapai tujuan secara efektif dan
efisien.
Keluar dari
perbedaan secara pengertian manajemen dan administrasi, terdapat beberapa
perbedaan pandangan mengenai perbedaan dari dua hal tersebut. Pertama :
manajemen lebih luas dan lebih besar peranannya dibandingkan dengan
administrasi, kedua : administrasi lebih luas dan lebih berperan daripada
manajemen, dan yang terakhir : manajemen adalah inti dari administrasi.
Dikatakan manajemen lebih luas dan lebih besar
peranannya dibandingkan dengan administrasi dikarenakan beberapa orang
mengartikan administrasi sebagai pekerjaan tulis menulis ataupun tata usaha.
Dengan pengertian seperti itu maka administrasi disebut – sebut sebagai unsur
bantuan saja bagi manajemen. Karena dalam manajemen bukan pekerjaaan tulis
menulis saja yang dibutuhkan akan tetapi bagaimana seorang pemimpin dapat
melaksanakan dan mengarahkan tugas suatu organisasi sesuai dengan tujuan yang
telah ditetapkan. Pandangan ini banyak dipercaya oleh para pengusaha –
pengusaha niaga dan industri.
Pandangan kedua menyebutkan administrasi lebih luas
dan lebih berperan daripada manajemen. Pandangan ini beralaskan manajemen
berada didalam administrasi itu sendiri. Menurut atmosoedarmo (dalam Haji
Buchari Zainun, 1990 : 5) ada yang menganggap bahwa administrasi mempunyai
dimensi statis dan dinamis. Dianggap sebagai dimensi dinamisnya administrasi
adalah manajemen. Sedangkan dimensi statisnya adalah organisasi, terutama jika
organisasi tersebut dianggap sebagai wadah.
Manajemen juga akan sama dengan administrasi
apabila dilihat dari fungsi keduanya secara umum yaitu mewujudkan terciptanya
keinginan bersama dalam suatu organisasi yang telah disepakati bersama.
Dari pengertian di atas jelaslah hubungan antara
manajemen dengan administrasi yang dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Dalam penerapan administrasi dan manajemen tidak dapat dipisahkan
hanya kegiatannya yang dapat dibedakan
2. Administrasi
bersifat konsep, menentukan tujuan dan kebijaksanaan umum secara menyeluruh.
Sedangkan manajemen sebagai subkonsep, bertugas melaksanakan semua kegiatan
untuk mencapai tujuan dan kebijaksanaan yang sudah tertentu pada tingkat
administrasi.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar