Widiya Wati

Pages

  • Beranda

Total Tayangan Halaman

Blog Archive

  • ►  2017 (1)
    • ►  September (1)
  • ►  2016 (1)
    • ►  April (1)
  • ►  2015 (1)
    • ►  Mei (1)
  • ▼  2014 (5)
    • ▼  September (1)
      • Perbedaan Administrasi dan Manajemen
    • ►  Maret (1)
    • ►  Februari (2)
    • ►  Januari (1)
  • ►  2013 (18)
    • ►  Oktober (1)
    • ►  September (2)
    • ►  Agustus (1)
    • ►  Mei (10)
    • ►  April (2)
    • ►  Maret (2)

About Me

Unknown
Lihat profil lengkapku

Followers

Rabu, 10 September 2014

Perbedaan Administrasi dan Manajemen


Assalamualikum wr wb ,
                Berbicara mengenai manajemen dan administrasi sebagian orang , tetapi bukan hanya sebagian sepertinya kebanyakan orang beranggapan atau berpendapat bahwa keduanya adalah suatu hal yang sama, padahal apabila dicermati keduanya adalah hal yang berbeda apalagi bagi orang yang mengambil konsentrasi pendidikannya khusus untuk mendalami salah satu nya atau kedua nya.
                Tentu saja bagi kaum awam yang belum tahu apa perbedaan di antara mereka juga ingin mengetahui apa sich bedanya, mungkin saya akan sedikit menjelaskannya untuk kalian dan sebelum itu saya ingin memberitahukan pada dasarnya semuanya saya ambil dari beberapa sumber yang ideal.


                Perbedaan secara pengertian menurut Buchari Zainun (dalam Haji Buchari Zainun, 1990 : 3) Manajemen sendiri memiliki pengertian suatu upaya atau proses upaya seorang pimpinan dengan satu  kewenangan  tertentu untuk mewujudkan sesuatu tujuan tertentu dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada dan sudah dikuasai pimpinan itu terutama sumber daya manusia yang berada di bawah kekuasaannya. Sementara administrasi sendiri memiliki pengertian mulai dari yang paling sempit hingga yang paling luas. Dalam arti sempit misalnya administrasi dapat diartikan sebagai  keseluruhan pencatatan secara tertulis dan penyusunan sistematis dari keterangan-keterangan yang ada agar mempermudah memperoleh ikhtisar keterangan. Kegiatan dalam hal ini yaitu serangkaian aktivitas menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim dan menyimpan keterangan-keterangan yang diperlukan dalam setiap kerja sama. Sementara dalam arti luas, administrasi merupakan keseluruhan proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam rangka mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
                Keluar dari perbedaan secara pengertian manajemen dan administrasi, terdapat beberapa perbedaan pandangan mengenai perbedaan dari dua hal tersebut. Pertama : manajemen lebih luas dan lebih besar peranannya dibandingkan dengan administrasi, kedua : administrasi lebih luas dan lebih berperan daripada manajemen, dan yang terakhir : manajemen adalah inti dari administrasi.
Dikatakan manajemen lebih luas dan lebih besar peranannya dibandingkan dengan administrasi dikarenakan beberapa orang mengartikan administrasi sebagai pekerjaan tulis menulis ataupun tata usaha. Dengan pengertian seperti itu maka administrasi disebut – sebut sebagai unsur bantuan saja bagi manajemen. Karena dalam manajemen bukan pekerjaaan tulis menulis saja yang dibutuhkan akan tetapi bagaimana seorang pemimpin dapat melaksanakan dan mengarahkan tugas suatu organisasi sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Pandangan ini banyak dipercaya oleh para pengusaha – pengusaha niaga dan industri.
Pandangan kedua menyebutkan administrasi lebih luas dan lebih berperan daripada manajemen. Pandangan ini beralaskan manajemen berada didalam administrasi itu sendiri. Menurut atmosoedarmo (dalam Haji Buchari Zainun, 1990 : 5) ada yang menganggap bahwa administrasi mempunyai dimensi statis dan dinamis. Dianggap sebagai dimensi dinamisnya administrasi adalah manajemen. Sedangkan dimensi statisnya adalah organisasi, terutama jika organisasi tersebut dianggap sebagai wadah.
Manajemen juga akan sama dengan administrasi apabila dilihat dari fungsi keduanya secara umum yaitu mewujudkan terciptanya keinginan bersama dalam suatu organisasi yang telah disepakati bersama.
Dari pengertian di atas jelaslah hubungan antara manajemen dengan administrasi yang dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Dalam penerapan administrasi dan manajemen tidak dapat dipisahkan hanya kegiatannya yang dapat dibedakan
2.  Administrasi bersifat konsep, menentukan tujuan dan kebijaksanaan umum secara menyeluruh. Sedangkan manajemen sebagai subkonsep, bertugas melaksanakan semua kegiatan untuk mencapai tujuan dan kebijaksanaan yang sudah tertentu pada tingkat administrasi.

Diposting oleh Unknown di Rabu, September 10, 2014
Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Bagikan ke X Berbagi ke Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama
Langganan: Posting Komentar (Atom)
@ 2011 Widiya Wati; Many thanks to: Blogger Templates / blog Design Company / SEO / free template Blog